Kamis, 26 Februari 2015

Bagian-Bagian Daun (Daun Tunggal)

Daun tunggal adalah daun yang setiap tangkainya hanya menopang satu helai daun saja. Struktur daun lengkap meliputi: upih daun (vagina), tangkai (petiolus), dan helaian (lamina). Namun daun lengkap seperti itu jarang untuk kita temui, kadang ada yang kehilangan satu bagian atau dua bagian. Daun yang demikian dinamakan daun tidak lengkap.
Mengenai susunan daun tidak lengkap ada beberapa kemungkinan:
1. Daun yang hanya memiliki upih daun dan helaian
Contoh: padi (Oryza sativa), jagung (Zae mays)
2. Daun yang hanya memiliki tangkai dan helaian
Contoh: Nangka (Artocarpus integra), mangga (Mangifera indica)
3. Daun yang hanya memiliki helaian saja
Daun ini hanya melekat atau duduk pada batang, daun ini disebut daun duduk (sessilis). Contoh:  Biduri (Calotropus gigantea). Daun yang hanya memiliki helaian dapat mempunyai pangkal yang lebar. Sehingga pangkal daun seakan memeluk batang. Daun tersebut dinamakan daun memeluk batang (amplexicaulis). Contoh: tempuyung (Sonchus oleraceus)
4. Daun yang hanya memiliki tangkai saja
Pada jenis ini biasanya merupakan suatu helaian semu atau palsu karena bentuknya yang pipih. Contoh: Acacia auriculiformis.
Selain bagian-bagian tersebut (upih, helaian, tangkai), terdapat bagian lain sebagai pelengkap atau alat tambahan, antara lain:
1. Daun penumpu (stipula): Berupa dua helai lembaran serupa daun yang kecil. Berguna untuk melindungi kuncup yang masih muda.
2. Selaput bumbung (ocrea atau ochrea): Berupa selaput tipis yang menyelubungi pangkal suatu ruas batang, jadi terdapat di atas suatu tangkai daun.
3. Lidah-lidah (ligula): berupa selaput kecil yang biasanya terdapat pada batas antara upih dan helaian pada rumput (Gramineae). Berguna untuk mencegah pembusukan yang diakibatkan mengalirnya air hujan ke ketiak antara batang dan upih daun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rating for my blog