Selasa, 24 Februari 2015

Islam di Negara Kecil Seperti Maladewa


Jamaah Sholat Subuh di Maladewa
Republik Maladewa adalah sebuah negara kepulauan yang terdiri dari kumpulan atol (suatu pulau koral yang mengelilingi sebuah laguna) di Samudra Hindia. Maladewa terletak di sebelah selatan-barat daya India, sekitar 700 km sebelah barat daya Sri Lanka. Negara ini memiliki 26 atol yang terbagi menjadi 20 atol administratif dan 1 kota. Negara ini merupakan negara dengan populasi dan luas wilayah terkecil di kawasan Asia Tinggi rata-rata permukaan tanah di Maladewa adalah 1.5 meter di atas permukaan laut, hal ini menjadikannya negara dengan permukaan terendah di seluruh dunia. Sejak tahun 1887 hingga kemerdekaan Maladewa pada 26 Juli 1965, negara ini menjadi bagian dari perwalian Inggris. Sejak tahun 1153 hingga 1968, negara ini berbentuk kesultanan Islam yang independen. Setelah memperoleh kemerdekaan dari Inggris, bentuk pemerintahan kesultanan hanya bertahan selama tiga tahun dan kemudian dihapuskan serta diganti menjadi republik.
Agama resmi di Maladewa adalah Islam. Menurut data statistik dari hasil sensus internasional, persentase kaum muslimin di sana adalah 100%. Konstitusi Maladewa telah menetapkan bahwa semua warga negara harus memeluk agama Islam. Berdasarkan pasal 9, non-muslim tidak bisa mendapat kewarganegaraan Maladewa. Sementara itu, pasal 2 menyatakan bahwa Republik Maladewa didirikan dengan prinsip-prinsip Islam. Pasal 10 menyatakan, hukum apa pun yang bertentangan dengan prinsip-prinsip Islam tidak boleh diterapkan. Dalam pasal 19 di sebutkan, semua warga negara memiliki kebebasan untuk berpartisipasi atau terlibat dalam kegiatan apa pun selama tidak bertentangan dengan hukum syariat dan undang-undang negara.
Maladewa memang negara kecil yang saat ini sedang dihantui permasalahan global warming yang dapat mengakibatkan hilang atau tenggelamnya negara mereka. Namun, ketaatan masyarakat kepada sang pencipta tidaklah luntur akibat permasalahan yang dapat menghilangkan negera tercintanya itu. Keislaman di Negara Maladewa jauh melebihi dari negara kita, Indonesia. Yang secara keseluruhan diberikan nikmat oleh Allah SWT dengan jumlah yang jauh lebih banyak dari negara Maladewa. Terbukti dengan banyaknya jamah sholat subuh yang berdatangan ke masjid. Kesadaran masyarakat Maladewa tentang tetap bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Allah kepada mereka sangatlah tinggi. Beberapa foto yang diunggah sejumlah pengguna Twitter tentang banyaknya jamaah yang menghadiri shalat subuh di salah satu masjid Maladewa, sebuah negara kepulauan yang terkenal dengan pariwisatanya, membuat takjub para pengunjung. Dalam foto tersebut terlihat beberapa pemuda, orang tua, dan anak-anak yang baru keluar dari masjid usai menunaikan ibadah shalat subuh. Saking ramainya, banyak yang mengira itu adalah suasana setelah shalat Jum’at, apalagi itu bukan negara arab.Sungguh foto yang sangat menakjubkan bagi banyak orang, terutama pengguna twitter dari negara Arab. Pasalnya, menurut mereka, Maladewa adalah negara tujuan wisata yang dikunjungi oleh orang-orang kaya untuk menikmati pantai dan lokasi yang indah di sana. Tidak banyak yang tahu tentang kebiasaan masyarakatnya dan kehidupan beragama mereka.
Tentunya kita sebagai masyarakat Indonesia yang secara umum diberikan nikmat yang luar biasa oleh Sang Pencipta alam ini, tak patut apabila kita lalai atau lupa kepada-Nya. Karena Allah lah yang menjadikan Indonesia ini negara yang damai, negara yang subur, adil dan makmur. Mungkin, Sang Pencipta bisa saja mencabut semua nikmat itu apabila kita, sebagai masyarakat Indonesia tidak mampu ataupun bahkan tidak mau bersyukur atas nikmat dan karunia-Nya. Sungguh, Allah adalah Dzat yang Maha Kuasa Atas Segala Sesuatu.

1 komentar:

  1. Salut banget deh sama negara ini yang mau menerapkan hukum islam.

    Kalo dilihat dari sisi pariwisatanya sih sepertinya ada tempat di negara kita yang keindhannya gak kalah sama maladewa dan banyak pula pilihannya. salah satu contohnya ya Tempat Wisata Pantai Ora ini berada di Pulau Seram, Maluku Tengah

    BalasHapus

Rating for my blog